Senin, 30 Januari 2012

WISATA BELANJA DAN KULINER KKL 2012

created by: Militia Christi Hutapea

Awal perjalanan kami bermula dari Museum House of Sampoerna yang berlokasi di Jl. Taman Sampoerna 6 Krembangan Pabean Cantikan Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju Rusun Urip Sumoharjo yang merupakan salah satu karya dari Prof. Johan Silas.
Usai melakukan kunjungan di Rusun Urip Somoharjo, kami pun diberi kesempatan untukmenikmati makan siang di Food Court Somaharjo yang berada tak jauh dari rusun tersebut. Ini merupakan wisata kuliner pertama kami semenjak kami meninggalkan Bumi Lambung Mangkurat.. (ahhahhha..). Makan siang kali ini adalah Nasi Padang (dalam kotak) yang ternyata telah disiapkan oleh pihak travel jauh sebelum kami memasuki kawasan rusun tersebut. Nasi Padang ini sama halnya dengan nasi-nasi padang pada umumnya, terdiri dari Sayur Daun Ubi, Nangka, Ayam Balado, Telor masak kari, Udang sambal kering, dengan pencuci mulutnya berupa Buah Pisang, dan yang tak pernah ketinggalan dari menu yaitu...Nasi. Yang membedakannya dari nasi padang aslinya adalah tempat dimana kami memakannya yaitu Kota Surabaya bukan Kota Padang. Walaupun hanya dapat disajikan dalam sebuah kotak, namun semua nampak menikmati santap siangnya masing-masing dengan perut yang meronta-ronta minta makan. Pastinya.. :D

Acara selanjutnya adalah perjalanan menuju Masjid Cheng-ho, sebuah masjid Islami dengan nuansa Tionghoa. Wisata di Masjid Cheng ho ketika itu diwarnai oleh nuansa langit yang mendung dengan hujan yang lumayan deras sehingga kami lebih banyak menghabiskan waktu didalam ruangan dibanding berkeliling kawasan masjid. Beberapa saat setelah hujan reda, rombangan KKL 2012 akhirnya dapat melanjutkan perjalanan menuju Bali. Waoooo...o.o.o. Untuk sesaat wajah yang tadinya kusam berubah menjadi lebih berseri begitu mendengar tujuan perjalanan kami selanjutnya.. ahahhhhaa.
Malam pun tiba. Sekitar pukul 09.00 Waktu Indonesia bagian Barat, kami singgah untuk menikmati sajian makan malam di sebuah rumah makan yaitu Warung Kunyit. Menu yang disajikan berupa Ayam goreng, Capcay, ...dkk plus seduhan teh manis hangat dan es sirup sebagai pilihan lain untuk minumannya. Dan yang tak boleh dilupakan....yaitu Nasi Putih. Istirahat kali ini cukup lama karena kebanyakan dari kami melakukan pembersihan diri seperti mandi, sholat, dan lain sebagainya. Dengan kondisi perut yang kekenyangan, rombangan kami pun akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Sekitar pukul 02.00 Wit kami melakukan penyebrangan dari Surabaya ke Bali dari pelabuhan Gilimanuk Surabaya. Tidak banyak hal yang bisa kami lakukan diatas kapal penyebrangan ini selain mengobrol bersama teman-teman lainnya sambil menikmati angin laut. Kurang dari satu jam kemudian kami tiba di sebuah pelabuhan di Bali. Perjalanan selanjutnya dinikmati didalam mimpi masing-masing.
Wisata kuliner dikeesokan harinya diawali dengan breakfast di Kampung Kertalangu yang berlokasi di Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati, Bali. Kampung Kertalangu ini sendiri merupakan sebuah tempat wisata belanja khas Bali yang menyediakan berbagai oleh-oleh dan souvenir uniqe khas Pulau Dewata. Selain itu, tempat ini juga menyediakan wadah bagi para wisatawan untuk beristirahat sejenak melepas penat setelah melakukan perjalanan. Menu yang disajikan pagi ini berupa Sate Ikan dan Udang, Nugget, Ayam Goreng Rempah dengan pencuci  mulut berupa buah-buahan tropis seperti melon dan semangka.

Namanya juga breakfast, dengan kata lain waktu yang kami butuhkan untuk menikmati sarapan pagi tidaklah lama. Terlebih lagi setelah rombongan KKL 2012 melakukan perjalanan jauh dari Kota Surabaya menuju Denpasar tanpa istirahat yang cukup. Waktu yang diberikan kepada kami hanya 30 menit untuk menikmati sarapan pagi tanpa mandi (hanya bisa membersihkan diri ala kadarnya). Bisa cuci muka, sikat gigi, dan ganti pakaian dalam waktu 30 menit aja sudah lebih dari cukup. Apalagi kalo bisa berbelanja, ckckckkk...
Dalam perjalanan selanjutnya, rombangan kami disuguhkan makan siang di Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali. Menunya memang tidak menggugah selera makan kebanyakan orang karena menu makan siang hari ini kurang lebih sama dengan menu sarapan pagi tadi. Tapi, yang namanya lapar ya tetaplah lapar. Enak gak enak, tetap aja dimakan. Meskipun makan siang kali ini tidak begitu nikmat, namun semuanya masih bisa terobati dengan adanya pemandangan hamparan Pantai Tanjung Benoa. Disini juga menyediakan wisata olahraga seperti paralayang, banana boat, dll.

Singgah di Pantai Tanjung Benoa tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk singgah ke Deluang sari atau lebih dikenal dengan nama Pulau Penyu. Pulau penyu merupakan tempat dimana terdapat penangkaran penyu mulai dari proses perkembangbiakan, perawatan bayi penyu, hingga penangkaran penyu-penyu yang telah berumur diatas 5 tahun. Selain itu juga terdapat penangkaran hewan-hewan liar lainnya seperti Ular Sanca, Burung Garuda, dan kelelawar.  Pulau Penyu terletak tidak jauh dari tepi pantai sehingga dapat ditempuh selama ±15 menit dengan menggunakan speedboat. Sebuah speedboat dapat membawa maksimal 10 orang dengan tarif sebesar Rp50.000,-  untuk satu buah speedboat.

Menjelang sore, rombongan kami diberikan waktu untuk melakukan acara bebas. Kelompok kami pun akhirnya memilih untuk jalan-jalan ke Kuta Beach yang lokasinya tidak jauh dari hotel tempat kami beristirahat, yaitu Hotel Mawar yang berada di Jl. Raya Kuta Bali. Butuh waktu 10 menit untuk dapat sampai di Pantai Kuta dengan menggunakan taxi. Perjalanan menuju Kuta dihiasi dengan wisata belanja khas Bali yang terdapat disepanjang jalan Raya Kuta.

Kuta Beach memang menawan. Hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang menghempas tepian pantai telah berhasil menghibur kami, para pelancong dari Bumi Kalimantan. Nuansa pantai diwarnai pula oleh para pedagang kaki lima yang berusaha menawarkan dagangannya kepada para wisatawan asing maupun lokal. Semuanya merupakan serba-serbi yang hanya terdapat di Pulau Dewata.

Usai menikmati nuansa pantai, kami melanjutkan perjalanan santai bersama teman-teman satu angkatan menuju ke berbagai tempat belanja. Seperti berada di negri asing hingga tak sadar bahwa waktu telah menunjukan pukul 19.00 waktu Bali. Itu artinya kami harus segera bergegas menuju Rumah Makan Ayam Betutu untuk menikmati sajian makan malam pertama kami di Bali. Rasa pedas di bibir dan lidah telah menggantikan perasaan capek dan lelah kami setelah menikmati nuansa Pantai Kuta.

Ayam kuah Kuning dengan campuran cabai, Sayur Kangkung, plus Nasi putih menjadi ciri khas Bali. Hhmmmm...., sungguh menggiurkan lidah.
Perjalanan rombongan kami di hari ke 3 diawali dengan wisata belanja di Galuh Batik Bali. Berlokasi di Tegehe Batu Bulan, Gianyar Bali, tempat ini menawarkan berbagai macam pakaian, kain batik, dan tenun yang merupakan oleh-oleh khas Bali. Selain itu terdapat juga tempat untuk beristirahat santai bagi para wisatawan layaknya sebuah gazebo.

Tempat wisata belanja Galuh Bali ini mengambil konsep rumah adat Bali sehingga kita dapat menikmati nuansa tradisional asli Bali sambil berbelanja. Harga yang ditawarkan relatif murah dan masih dapat terjangkau jika dibandingkan dengan harga-harga di toko oleh-oleh pada umumnya.
Wisata belanja selanjutnya adalah Pasar Tradisional Ubud Bali. Pasar ini terkenal akan seni kerajinan tangannya seperti pahatan patung, lukisan, dan berbagai hasil kerajinan tangan lainnya yang asli dikerjakan oleh masyarakat disekitar wilayah pasar.

Jika dibandingkan dibandingkan dengan harga toko, harga-harga di pasar ini memang relatif lebih mahal. Bisa jadi karena daerah ini merupakan daerah wisata belanja favorite para wisatawan asing. Wajar saja jika para wisatawan asing lebih menyukai wisata belanja disini, karena barang-barang yang ditawarkan memang sangatlah bagus yang pastinya tidak terdapat di negara asal mereka. Asalkan kita bisa menawar harga dengan baik, dijamin barang yang kita inginkan dapat kita peroleh dengan harga miring.
Malam harinya kami diajak untuk menikmati makan malam bersama di Rumah Makan dan Pusat Oleh-Oleh Krisna Bali yang berlokasi Jl. Nusa Indah 77, Denpasar atau yang lebih dikenal sebagai Krisna 1. Pemiliknya Gusti Ngurah Anom,mulai membuka usahanya sejak 16 Mei 2007 dan berhasil membuka 4 buah cabang di Bali. Tiga cabang diantaranya adalah Krisna 1 yang berlokasi di Jl. Nusa Dua Indah && Denpasar, Krisna 2 di Jl. Nusa Kambangan 160A Denpasar, dan Krisna 3 yang terletak di Jl. Sunset Road 88 Kuta. Sedangkan cabang lainnya yaitu Rama Krisna yang lebih dikenal sebagai Krisna 4, berada di Jl. Raya Tuban Kuta dan buka selama 24 jam. Krisna memang terkenal sebagai pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Pulau Dewata. Di toko ini mereka menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh khas Bali seperti kaos-kaos Bali, camilan, lulur dan produk spa khas Bali, kerajinan tangan, aksesoris-aksesoris khas Bali, hingga kain pantai dan kain endek. Pusat produksinya sendiri berada di Jl. Nusa Indah 79 Denpasar, Bali.
Perjalanan dihari ke 4 ditemani dengan makan siang di Gunawan Resto, yang berada di Penelokan Kintamani Bli, Bali.

Wisata kuliner kali ini ditemani oleh pemandangan dari puncak bukit kawasan Kintamani yang dapat dinikmati langsung dari dalam restoran. Sajian makan siangnya sendiri berupa Ayam Goreng, Capcay, Lalapan Sayur, dengan tambahan pencuci mulut. Ditemani dengan teh dan kopi hangat yang disajikan bersama-sama dengan pisang goreng. Disudut halaman resto terdapat sebuah warung yang menjual pakaian dan sarung Bali yang dijual oleh pihak restoran itu sendiri.

Untuk mengisi waktu luang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Agung Bali yang juga merupakan salah satu toko oleh-oleh khas Bali. Barang-barang yang dijual di toko tersebut tidak jauh berbeda dari toko oleh-oleh lainnya, seperti pakaian, camilan, dan kerajinan-kerajinan tangan rakyat Bali. Harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan harga di pasar tradisional.

Wisata kuliner lainnya adalah makan malam di Jimbaran. Nuansa pantainya begitu terasa begitu kita memasuki kawasan resto yang mengambil konsep outdoor. Sejauh mata memandang, tepian pantai Jimbaran dipenuhi oleh wisatawan baik asing maupun lokal yang duduk santai didepan meja makan mereka masing-masing sambil menikmati pemandangan sunset yang kala itu mulai terbenam diufuk barat.
Suasananya begitu memikat hati setiap orang yang menikmati makan malamnya baik itu bersama pasangan masing-masing maupun dengan kerabat dan anggota keluarga mereka. Menu yang disajikan adalah seafood yang merupakan sajian khas restoran tepi pantai ini.

Menikmati makan malam sambil memandang sunset dengan deburan ombak pantai dan hembusan angin laut menjadi nuansa tersendiri yang hanya terdapat di Pulau Dewata, Bali. Sebelum istirahat malam, rombongan kami mencoba menikmati angin malam dengan berjalan-jalan ke Discovery Mall yang berada di sekitar pantai Kuta.
Dihari terakhir perjalanan KKL 2012, kami diajak untuk sarapan pagi di Ole-Olang yang berada di Jl. Raya Ketengan Km.3 Bangkalan Madura.

Perjalanan menuju restoran ini melewati Jembatan Suramadu yang terkenal sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Dari madura kami kembali melakukan perjalanan menuju kota Surabaya untuk berwisata belanja di Tunjungan Plaza yang merupakan salah satu mal terbesar di Surabaya sebelum akhirnya perjalanan KKL 2012 kami ditutup di Bandar Udara Juanda Surabaya.