Senin, 30 Januari 2012

Wisata Pantai

Penulis : Dhea Annisa

Di sini kami akan menceritakan dan berbagi informasi seputar wisata di pantai-pantai yang kami kunjungi selama di Bali. Di antaranya ada pantai Kuta, Pantai Tanjung Benoa dan Pulau Penyu, juga Pantai Jimbaran.


PANTAI KUTA (Pantai Berpasir Putih)

Pantai Kuta, pantai yang terkenal karena sunsetnya, selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan domestik maupun asing yang berlibur ke Bali.



Pantai Kuta merupakan pantai yang terkenal di Bali. Wisatawan yang berlibur di Bali tidak akan pernah lupa untuk berkunjung ke pantai Kuta, terutama pada saat matahari akan terbenam. Pantai Kuta merupakan salah satu tempat di Bali untuk melihat panorama terbenamnya matahari. Dapat kita bayangkan setiap hari terutama pada sore hari pantai Kuta akan penuh dengan wisatawan domestic maupun mancanegara, menantikan matahari terbenam, berenang, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Yang membuat pantai ini terkenal adalah ombaknya yang cukup tinggi untuk melakukan olahraga air terutama berselancar (surfing). Tidak heran kalau di sepanjang pantai dapat dengan mudah kita menjumpai papan selancar yang disewakan. Di Pantai Kuta juga ini sangat banyak sekali kita lihat orang-orang berjemur, kebanyakan yang berjemur adalah orang asing.

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering juga disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai sanur. Pantai Kuta yang lebar, berpasir putih bersih merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga ada sebutan, “datang ke Bali tanpa mengunjungi Kuta belumlah lengkap”. Di kala senja di saat matahari mulai terbenam, Kuta menyajikan pemandangan yang sangat indah. Sambil menikmati hembusan udara sejuk menyegarkan, Kuta sering dipakai tempat berolahraga sore yang mengasyikan. Pada tahun 1930, Kokes mempromosikan Bali sekaligus Kuta, erta memberikan inspirasi pembangunan Hotel berarsitektur Cottage.

Kini Pantai Kuta telah mampu menjadi pusat pariwisata Bali, karena telah dapat menyediakan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan wisatawan seperti berbagai penginapan dan hotel, pusat-pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, kehidupan malam begitu semarak, sarana dan fasilitas olahraga seperti seperti Bungry Jumping, Water Boom dan lain sebagainya.




Walaupun banyak pantai yang tersebar di Bali, namun pantai Kuta tetap manjadi pilihan para turis, karena banyak tersedia fasilitas-fasilitas yang lengkap di sekitarnya, seperti hotel berbintang, café-café, makanan fastfood, dan pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai macam souvenir-souvenir khas Bali untuk dijadikan oleh-oleh.

PANTAI TANJUNG BENOA

Pulau Bali memang selalu memerikan pesona keindahan alam yang khas, yang sangat cocok sebagai tempat berlibur, terlebih salah satu pesona kawasan wisata pantai yang terletak di ujung Timur Pulau Bali, yaitu pantai Tanjung Benoa.



Tidak seperti pantai-pantai lain di Bali seperti kuta dan sanur yang sangat popular, pantai Tanjung Benoa masih belum begitu dikenal orang, padahal di pantai Bali Benoa ini banyak sekali olahraga dan kegiatan yang mengasyikan yang bisa kita lakukan. Dengan ombak yang tidak begitu besar atau relative tenang, membuat kegiatan bermain di air tidak terlalu membahayakan.



Kegiatan olahraga dan beragam permainan di atas air yang ada di pantai Tanjung Benoa ini meliputi parasailing, jetski, snorkeling, flying fish, dan banana boat. Semua permainan dan olahraga itu memberikan sensasi ketegangan yang berbeda-beda dan juga pengalaman liburan yang seru penuh dengan kejutan.
Kita bisa memacu kecepatan di atas jetski, bermain bersama teman-teman dan keluarga di banana boat atau menikmati keindahan pantai dari ketinggian langit dengan menggunakan flying fish. Sungguh pengalaman liburan yang menyenangkan mencoba berbagai aktifitas permainan yang membuat adrenalin kita membuncah bersama-sama.

Selain banyaknya permainan dan olahraga air yang ditawarkan di pantai Tanjung Benoa, kita juga bisa menikmati keindahan Pulau Penyu yang hanya berjarak 20 menit dengan menggunakan perahu.



Pulau Penyu adalah pulau yang dikhususkan untuk penangkaran penyu, salah satu spesies yang terancam kepunahannya. Di pulau ini, kita bisa melihat beberapa jenis penyu yang hampir punah dan unik, termasuk cara penangkarannya.




Di Pulau Penyu, selain sebagai tempat penangkaran penyu, di sini kita juga bisa menemukan satwa-satwa lain seperti ular, monyet, burung dan berbagai hewan lain, kita juga bisa berfoto dengan aneka satwa tersebut. yang terpenting, kita jangan takut karena banyak dari binatang ini sudah jinak.





Jika kita hendak membeli cinderamata khas pulau, di sana juga terdapat galeri yang menawarkan berbagai macam replica penyu, kerang laut, dan hasil kerajinan lain yang unik. Jadi tidak salah mencoba menghabiskan waktu kita di pantai Tanjung Benoa Bali.


PANTAI JIMBARAN

Salah satu daerah tujuan wisata favorit di Balo adalah pantai Jimbaran yang merupakan wilayah Kabupaten Badung. Lokasinya searah dengan wisata air Tanjung Benoa dan kawasan hotel-hotel berbintang di Nusa Dua.


Pantai Jimbaran letaknya berdekatan dengan pantai Kedonganan yang sebagian masyarakatnya adalah nelayan. Latar belakang sebagai desa pusat pelelangan ikan di wilayah Kabupaten Badung, memberi inspirasi kepada warganya untuk membangun restoran di tepi pantai.

Berbagai sarana dan fasilitas disediakan oleh pengelola wisara Jimbaran untuk menungjang dan memuaskan berbagai aktifitas pengunjung seperti café, lokasi parkiran yang cukup luas, hotel, perahu sewa, maupun perlengkapan untuk berselancar. Berbagai hidangan khas pantai pun tersaji bagi pengunjung yang erniat menikmati indahnya sunset sambil makan malam, dengan berbagai aneka rasa dan aroma yang merupakan perpaduan antara citarasa Bali dan Internasional.




Restoran-restoran di tepi pantai Jimbaran menawarkan hidangan laut dengan bermacam-macam olahan, seperti ikan bakar, cumi-cumi, lobster, dan udang. Hasil laut yang disajikan dilengkapi dengan nasi, sayur, sambal, lengkap dengan es kelapa muda. Para pengunjung bebas menentukan seberapa banyak ikan yang diinginkan.




Eksotisme Pantai Jimbaran dapat terasa terutama ketika sunset atau matahari menenggelamkan dirinya di tengah lautan. Bagi para muda-mudi atau pasangan yang sedang berbulan madu tentu saja suasana seperti itu merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Semburatan warna kemuning dari sinar matahari yang hendak menutup matanya merupakan ekstase tersendiri yang sukar untuk diterjemahkan dalam tautan kata bahkan kata rimansa dan puitis sekalipun.


sumber referensi :
008/02/22/pantai-kuta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar