Senin, 30 Januari 2012

[ Day 5 ] Garuda Wisnu Kencana

Penulis : Dhea Annisa


Garuda Wisnu Kencana atau yang lebih populernya dengan sebutan GWK, merupakan salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi di kawasan Bukit Jimbaran.




Patung ini berlokasi di dekat Ungasan – Bukit Jimbaran Bali, berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan patung liberty. GWK ini merupakan sebuah karya marsterpiece seniman Bali, I Nyoman Nuarta. Di area taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau mascot Bali, yaitu patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda.

Pembangunan Patung Wisnu (dewa penyelamat bagi umat Hindu) yang sedang menunggangi burung Garuda (burung yang sering ada di mitos-mitos), terinspirasi dari kisah Adi Parwa. Dari kisah ini yang diambil adalah episodeGaruda yang memberikan kesetiaan dan pengorbanannya untuk menyelamatkan ibunya dari belenggu perbudakan. Hal itu dilakukannya dengan mengabdi kepada Dewa Wisnu. Dengan dibangunnya Patung Garuda Wisnu Kencana ini, diharapkan akan merangsang dinamika nilai fisik dan spiritual, serta terciptanya keseimbangan antara dunia nyata dan tidak nyata, dengan demikian harmonisasi di alam dapat tercipta. Selain itu, Patung Garuda Wisnu Kencana ini diharapkan menjadi symbol misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Dari ketinggian 263 meter di atas permukaan laut tersebut, ditambah dengan tinggi patung dan pondasinya kelak, maka Monumen Garuda Wisnu Kencana ini akan menjadi pesona Pulau Bali yang bisa dilihat dari kejauhan. Di atas ketinggian Bukit Ungasan, juga dapat menyaksikan hamparan Pulau Bali bagian selatan dengan pantai-pantainya yang menghadap Samudera Hindia. Sementara bagian utara, Nampak hilir mudik pesawat di Bandara Ngurah Rai serta pemandangan Kota Denpasar. Menikmati pesona alam di atas Bukit Ungasan ini akan semakin lengkap jika kita meluangkan waktu untuk menyaksikan matahari terbenam.

Patung Garuda yang tingginya 18 meter, ditempatkan sementara tepat di belakang Patung Wisnu. Pada saat ini, Patung Garuda tersebut menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi ruang terbuka, yaitu Lotus Pond, yang telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.




Jika sedang ada event tertentu, kita dapat menikmati berbagai seni dan budaya di tempat ini. GWK memang dirancang untuk menjadi salah satu tempat pertunjukan seni dan budaya Bali. Seperti di bagian panggung pertunjukan Lotus Pond, dengan areal berkapasitas 7.500 orang, lokasi ini dapat digunakan untuk pertunjukan musik maupun pertunjukan seni yang bersifat kolosal. Ada juga di bagian Street Theatre, Plaza Kura-kura, serta Exhibition Gallery yang dapat dipergunakan untuk keperluan seperti pementasan musik, pameran, bahkan fashion show.



GWK mempunyai beberapa tempat rekreasi di antaranya :

·         Wisnu Plaza

Wisnu Plaza adalah tanah tertinggi di daerah GWK. Pada hari-hari tertentu, akan ada pertunjukan tradisional Bali dengan Patung Wisnu yang megah sebagai latarnya. Karena letaknya tinggi, di sana kita dapat melihat panorama sekitarnya.
Di dekat Patung Wisnu terdapat sebuah mata air keramat yang diberi nama Parahyangan Somaka Giri. Sumber mata air ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit karena memiliki kandungan mineral yang sangat baik. Penduduk sekitar telah lama menggunakan air dari Parahyangan Somaka Giri ini untuk pengobatan.

·         Street Theater

Street Theatre merupakan tempat dimana kita dapat menemukan banyak souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market. Kita bahkan dapat menemukan spa Bali dan produk aromaterapi di toko ini.

·         Lotus Pond

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di GWK. Lotus Pond merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan acara outdoor yang dapat memuat ribuan orang.
Setalah bertahun-tahun, area ini sering sekali mengadakan acara besar, baik nasional maupun internasional. Berbagai acara di Lotus Pond ini seperti konser musik, pertemuan internasional, dan lain-lain.

Lotus Pond berasal dari teratai. Teratai adalah symbol untama keindahan, kemakmuran dan kesuburan. Wisnu juga selalu membawa bunga teratai ditangannya.

·         Indraloka Garden

Indraloka Garden merupakan salah satu tempat favorit di GWK untuk mengadakan pesta kecil, perkumpulan dan upacara pernikahan. Di sini kita dapat melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden.

·         Amphitheatre

Amphitheatre merupakan tempat untuk pertunjukan dengan akustik yang telah dibuat dengan baik. Setiap sore kita dapat menyaksikan berbagai tarian tradisional.



sumber referensi :

http://ibubudi.wordpress.com/2007/11/26/garuda-wisnu-kencana-simbol-penyelamatan-dunia/

http://www.wisatamelayu.com/id/tour/880-Taman-Budaya-Garuda-Wisnu-Kencana/navgeo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar