Senin, 30 Januari 2012

[Day 5] Fakultas Teknik Arsitektur UDAYANA

Penulis : Yulisa Mella

Sekilas tentang Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Udayana
Jurusan Arsitektur Universitas Udayana Bali didirikan pada tahun 1965 dan merupakan cikal bakal Fakultas Teknik. Sekarang ini, jurusan Arsitektur sudah memperoleh akreditasi ’B’ dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sebagai pengakuan terhadap kualitas pengajaran dan sumber daya serta fasilitas yang sudah dimiliki. Alumni Teknik Arsitektur Unud sudah dikenal sebagai arsitek yang profesional secara nasional.  Jurusan Arsitektur menawarkan program studi yang unik dengan basis warisan budaya khususnya arsitektur tradisional Bali. Arsitektur Bali menjadi topik kajian dan studi yang menarik karena adanya perkembangan pariwisata dan ketertarikan dunia internasional terhadap kebudayaan Bali.



Staf Pengajar

Jurusan Teknik Arsitektur Udayana didukung oleh 68 tenaga pengajar penuh dengan kualifikasi Magister dan Doktor dari universitas yang terpercaya, baik dari dalam ataupun luar negeri.


FASILITAS KAMPUS
·         Ruang Kuliah dan Seminar

Jurusan Arsitektur memiliki ruang kuliah dan seminar yang modern berkapasitas 30 hingga 100 orang.

·         Lab dan Studio

Jurusan Arsitektur memiliki lima studio untuk pengajaran dan penelitian. Juga tersedia laboratorium untuk perancangan arsitektur, sains dan teknologi, arsitektur budaya tradisional, kota dan lingkungan, manajemen pembangunan dan laboratorium rumah dan perumahan.

·         Perpustakaan dan TI

Perpustakaan memiliki beragam koleksi mulai dari buku teks, skripsi, jurnal, dan publikasi ilmiah lainnya.
Kami juga memiliki kluster komputer yang bisa digunakan mahasiswa dalam pembuatan tugas-tugas.


Kurikulum Sarjana Arsitektur

Kurikulum sarjana Arsitektur didesain sebagai program studi empat tahun dengan total SKS sebanyak 144 termasuk Tugas Akhir. Tugas Akhir bisa diambil dalam bentuk penelitian atau desain proyek.
Mahasiswa mengambil 121 SKS matakuliah wajib dan 23 SKS berasal dari matakuliah pilihan.
Matakuliah wajib terdiri atas menggambar arsitektur, menggambar teknik, arsitektur pra-sejarah dan klasik, arsitektur Bali, komputer dan arsitektur, arsitektur pos-modern, arsitektur prilaku, etika profesi, apresiasi kurikulum, filsafat arsitektur, kerja praktek atau studio.
Matakuliah pilihan terdiri atas kritik arsitektur, desain hospitaliti, arsitektur lanskap, bangunan pintar, pengembangan real estate, arsitektur universal, arsitektur fotograpi, teknik analisa kota, manajemen konstruksi, desain arsitektur etnis, rencana anggaran dan biaya, geomansi arsitektur, konservasi warisan budaya, manajemen urban, desain rumah etnis, desain urban, desain dalam ruang, model 3D dan animasi arsitektur


Kunjungan kami ke fakultas teknik Udayana
Hari ke 4 kami diBali kami melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Udayana yang terletak di bali (jalan kampus udayana bukit jimbaran), jimabaran, indonesia. Kampus fakultas teknik arsitektur udayana terletak diperbukitan karena itu udara disana lumayan sejuk dan keadaan di sana sangat mendukung untuk keadaan balajar mengajar. Setelah tiba dikampus Udayana Bali kami langsung menuju ruang belajar di Fakultas Teknik Arsitektur Udayana, sebelum memasuki kelas kami melihat-lihat mading. Dimading itu kami melihat mata kuliah yang ada di prodi tersebut dan ada yang sangat   istimewa di prodi tersebut yaitu mata kuliah Arsitektur Bali. Setelah melihat-lihat mading kami naik kelantai 2  dan memasuki kelas yang lumayan nyaman dengan fasilitas AC, Stop kontak yang lumayan banyak disetiap deretan meja, meja gambarnya pun berbeda. Dikelas kami saling  berbagi tentang ciri khas Arsitektur daerah masing-masing. Mereka menjelaskan tentang Arsitektur Rumah Bali dan kami juga berbagi pengetahuan tentang Arsitektur Rumah Adat Banjar (Bumbungan Tinggi). Setelah masing-masing berbagi tentang Arsitektur khas daerah masing-masing, Bapak Deddy (ketua prodi Fakultas Teknik Arsitektur Unlam) dan Dosen dari Udayana saling bertukar oleh-oleh berupa buku dan plakat.
mahasiswa dari udayana sedang mempresentasikan rumah khas bali


















mahasiswa dari unlam yang sedang mempresentasikan tentang rumah adat banjar.

#dari berbagai macam sumberhttp://www.ft.unud.ac.id/ind/about/prospektus/prospektus-teknik-arsitektur/






















4 komentar:

  1. wah keren :) ini dibali juga ada ya. eh dibali juga ada tokoh arsitektur

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya kita kmren ank2 arsitektur unlam kkl ke bali..
      hu.um kita kemren juga ada kunjungn sama pa popo danes :)

      Hapus